Membuat Website dengan Drupal

Saya pernah mencoba menulis tentang “membuat website dengan Drupal” pada http://remixmax.net/drupal. Sekarang tulisan itu saya coba uraikan di sini.

Seperti halnya program pembuat website instant yang beredar secara gratis, Drupal juga bisa didownload untuk bisa dicoba pada komputer di rumah. Namun, kita juga tetap membuthkan program virtual webserver yang juga bisa di download gratis, seperti: Xampp atau Appss. Seperti halnya program yang lain juga, jika kita membeli domain dan hosting, Drupal bisa langsung kita install pada domain kita lewat Cpanel, Fantastico.

Namun kali ini kita membahas membuat Website dengan Drupal pada Komputer kita.

Pertama-tama kita install dulu Xamp, Xamp kita letakkan pada direktori (C:\Xamp), selanjutnya kita ekstrak Drupal pada direktori: (C:\Xamp\htdocs\drupal)

Setelah itu, kita ketik http://localhost/drupal pada web browser komputer kita, maka akan muncul halaman instalasi Drupal (Database Configuration). Lalu form tersebut kita isi sebagai berikut, sesuai dengan Xampp yang kita install:

Database type : Mysql

Database name : drupal (atau yang lain, terserah kita)

Database username : root

Password : (kita kosongkan)

Lantas kita klik save configurations.

Jika terdapat tulisan ‘Drupal installation complete Congratulations………..’ maka drupal berhasil diinstall dan siap dijalankan.

Menjalankan Drupal

Pertama-tama kita harus membuat account yang berfungsi sebagai admin web. Caranya yaitu: klik ‘create the first account’. Selanjutnya isikan Username dan Email anda. Dihalaman berikutnya kita masukkan password yang akan kita gunakan. Lalu klik Submit. Kini kita telah terdaftar menjadi Admin.

Selanjutnya klik ‘Create Content’, bisa pilih Page atau Story. Disini kita masukkan judul pada tittle dan kita masukkan isi atau uraian pada body. Pada Publishing options beri centang pada “promoted to Frontpage”.

Instalasi Module

Penggunaan module pada program pembuat web apapun, amatlah membantu. Drupal juga menyediakan berbagai macam module yang bisa kita download pada web aslinya, yaitu di http://drupal.org

Diantara berbagai macam module yang tersedia, ada 2 modul yang sangat penting dan harus kita punya, yaitu FCK_editor (sebagai sarana untuk mempermudah terutama untuk mengetik posting, insert image, flash dan mengatur alignment seperti pada MsWord) dan Nice Menus (sebagai modul untuk memperindah menu-menu website)

Membuat Posting

Sebelum membuat psoting, kita login dulu dengan username dan password yang telah kita daftarkan pertama kali. Lalu kita klik Create Content, lantas muncul pilihan Page atau Setory. Page akan menampilkan alamat halaman yang statis, sedangkan story menampilkan halaman yang interaktif (bisa untuk diskusi, kirim komentar).

Selain posting tulisan sebagaimana di atas, kita juga bisa memasukkan gambar dengan cara:

Klik Insert / edit image, tampil jendela propertis

Browse server, tampil jendela manager

Klik browse, cari letak file pada komputer yang akan kita tampilkan

Klik upload, Add, atur ukuran dan alignment lalu klik Finish.

Sebenarnya sangat mudah menjalankan program CMS, karena menu-menunya mudah dioperasionalkan, tergantung kita sering-sering berlatih dalam mengolah CMS.

Demikian ulasan tentang Drupal, Selamat Mencoba.

Advertisements

3 Comments

  1. […] pernah mencoba menulis tentang “membuat website dengan Drupal” pada humorbendol. Sekarang tulisan itu saya coba uraikan di […]

  2. Wah…. ini solusi yang paling okay!!! Aq baru belajar bikin2 website sendiri. selama ini aq hanya berkutan di blog aja. hampir setahun ngeblog, rada jenuh juga. Aq skrg lagi pengen nyoba drupal, tapi ternyata bikin aku kebingungan. Thx ya …. infonya!

  3. Sory balik lagi!
    O…iyach!!! alamat mdrwcsg.co.cc itu tadinya mau aq instalin di drupal, berhubung aku bingung, jadinya di WP. Aq ngga puas, ternyata aq ngga bisa insert foto. Ma’lum pake domain gratisan. Eh, aq baru nyadar, ternyata si abang “bendol” juga pake WP…. hehehehe…. Blognya keren banget!!


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s