Alexa

Bagi blogger pemula seperti saya, saat mendengar kata Alexa, pasti terbayang salah satu grup band di Indonesia. Tapi, ternyata bukan alexa itu yang ada di kalangan Blogger, melainkan Alexa adalah salah satu sarana yang menyediakan informasi mengenai trafik suatu website / blog, yang bisa juga dijadikan gambaran mengenai jumlah pengunjung yang mendatangi suatu blog (sumber: Vavai). Semakin kecil angka peringkat alexa berarti semakin bagus situs atau blog kita di mata Alexa. (sumber: cariuangtambahan)

Lantas..Bagaimana caranya meningkatkan Ranking Alexa?

Ada 3 hal khusus yang penting untuk dilakukan, yaitu:

1. Pasang Alexa Widget pada side bar blog kita

Alexa widget bisa kita dapatkan di sini. Kita tinggal copy paste kode tersebut pada side bar blog kita. Sayangnya, sampai saat ini saya belum bisa memasang kode itu pada wordpress.com. Dan menurut para webmaster, memang Widget Alexa Rank belum bisa dipasang pada wordpress.com, karena wordpress.com tidak mengijinkan Java Script.

Barangkali ada user dari wordpress.com sudah ada yang bisa pasang, mohon bisa bagi-bagi tips-nya.

2. Pasang Alexa Toolbar ato Plug-in Alexa

Untuk pengguna Internet Explorer bisa menggunakan Alexa Toolbar, sedang Mozilla Firefox bisa menggunakan Sparky addons atau gunakan Alexa Search Status. Jangan lupa set alamat blog kita sebagai homepage utama dari browser yang kita gunakan, karena dengan memasang alexa toolbar pada browser internet anda setiap anda membuka blog milik anda maka kredit poin untuk blog anda akan bertambah, dengan alexa toolbar anda juga dapat langsung melihat ranking alexa dari setiap situs yang dikunjungi.

3. Buat artikel mengenai Alexa

Saya gak tahu kenapa harus berbuat demikian, tapi kata orang-orang, dengan membuat artikel tentang Alexa, itu sama saja dengan kita menyuap si alexa agar si Alexa berbaik hati untuk meningkatkan ranking blog kita.

Selain ke-3 cara tersebut, sebenarnya banyak hal yang harus kita lakukan, diantaranya dah pernah dibahas pada ngisi content blog, Submit Blog ke Search Engine dan promosi blog.

Sebenarnya saya sudah melakukan semuanya, namun sampai saat ini belum dilirik juga sama si alexa. Bisa jadi karena usia blog ini belum 1 bulan, sehingga banyak pengunjung. Tapi bisa juga karena materi blog ini jelek banget, jadi pengunjung enggan kembali lagi.

Yang perlu diingat adalah, sejelek-2nya blog ini, saya tetap berharap semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi kaum blogger pemula seperti saya.

Terima kasih.

5 Comments

  1. apa alexa itu penting yaa..??
    maaf yaa k-lo aku ngga terlalu perduli ma alexa itu

  2. Bagi kita gak penting kok. Toh kita bikin blog hanya cuma buat ngungkapin apa yang ada di benak kita aja kan?
    Tapi, kata orang yang jauh lebih pinter, katanya alexa ranking itu penting, jika blog kita buat iklan layanan komersil macam ReviewMe, Text Link Ads, Sponsored Reviews.
    Karena semakin bagus rankingnya, iklan tersebut mau ditempelkan pada blog kita.
    Maaf, kalo jawabnya kurang memuaskan. Saya baru belajar mbak.
    Terima kasih

  3. Yup. menurut saya jg tergantung tujuan blog kita. Kalau utk tujuan komersil memang perlu juga. Selain itu juga kalau Google PageRank nya tinggi berarti bagus juga.

  4. Page rank itu fungsinya buat apa sih?… Barusan juga mo nanya alexsa fungsinya apa karena sampe sekarang gak pasang apa2 kecuali who is among us itupun biar gak berasa sendiri kalo malem2 lagi baca/bales koment di blog… merasa ada yang nemenin ajah, hehehe… jadi gak berasa sendiri… Eh Page rank itu bisa bantuin balesin koment2 gak yahhh… kalo bisa, saya mo beli 4 dehhh, tak pasang disemua blog aku, kikikikikikik… soalnya belakangan ini khan saya jarang buka blog… sakit kepala saya sering banget kumat sih hehehe

    makasih infonya yahh

  5. cara ndaftarnya di mana???


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

