Tips agar Jantung Sehat dengan 5 Jenis Olahraga

Tips agar Jantung Sehat dengan 5 Jenis Olahraga – Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Bentuk organ ini adalah otot berongga berbentuk kerucut, sebesar ukuran kepalan tangan, yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung terdiri dari empat rongga, yaitu Atrium kiri dan kanan serta Ventrikel kanan dan kiri.

Di bagian sisi kiri jantung, berfungsi memompa darah beroksigen ke Aorta dan ke seluruh tubuh. Sedangkan pada sisi kanan menerima darah terdeoksigenasi dari Vena Cava dan memompanya ke Arteri Pulmonalis. Cara kerja jantung mempengaruhi denyut nadi kita. Menurut Artikel Kesehatan, ada faktor lain yang juga mempengaruhi denyut jantung, diantaranya adalah emosi, olahraga, hormon, suhu, rasa sakit dan stres.

Oleh karena itu, agar jantung dapat bekerja normal untuk mengatur dan memasok oksigen ke dalam darah, dan mengatur detak jantung ini, maka upaya untuk menjaga kesehatan jantung sangat penting. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, tentu saja seseorang harus melakukan beberapa upaya, seperti gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang berbahaya bagi jantung.

Selain itu, olahraga juga dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Berikut adalah 5 jenis olahraga secara teratur untuk kesehatan jantung yang dapat Anda lakukan dan Anda harus dilakukan secara teratur agar hasilnya dapat dioptimalkan, antara lain:

  1. Jalan Sehat

Olahraga dengan berjalan-jalan, jalan sehat atau jalan cepat di pagi hari, selain murah juga sangat baik untuk jantung. Karena jalan sehat atau jalan cepat dapat meningkatkan denyut jantung dan menurunkan risiko serangan jantung jika Anda rutin melakukannya. Selain itu, cara yang sehat ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, menurunkan tekanan darah, meningkatkan mood dan tentu saja menjaga berat badan.

  1. Kegiatan Olahraga Berjalan

Sebenarnya, olahraga berjalan merupakan olahraga yang sehat dan murah. Selain itu, olahraga berjalan juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Latihan berjalan dapat meningkatkan daya tahan dan jantung. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi jumlah lemak di sekitar jantung dan pembuluh darah.

  1. Aerobik

Jenis latihan ini dapat membantu Anda untuk melatih otot jantung sehingga lebih kuat dengan berolahraga. Aerobik juga bisa membuat jantung memompa darah lebih efisien. Oleh karena itu, dengan melakukan aerobik itu akan membantu memperkuat otot jantung Anda sehingga kesehatan jantung dapat dipertahankan dan dilindungi dari penyakit.

  1. Berenang

Jenis latihan ini dapat mengurangi tingkat stres. Seperti yang Anda tahu bahwa stres juga dapat membahayakan jantung karena dapat meningkatkan kerja dan detak jantung Anda. Selain itu, dengan berenang seseorang dapat menggerakkan otot mereka, yang mungkin sebelumnya tidak pernah atau jarang bergerak sama sekali. Jenis ini dapat memberikan beberapa manfaat untuk jantung seperti menurunkan detak jantung, membantu pernapasan, sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah.

  1. Bersepeda

Penyakit jantung telah benar-benar menyerang banyak orang yang memiliki aktivitas terbatas dan gerak pasif, mengapa? Karena salah satu alasan adalah bahwa jika tubuh kurang bergerak, terutama kurangnya olahraga, otot akan cenderung pasif dan lemah. Demikian pula yang terjadi pada otot jantung menjadi lemah dan tidak terbiasa dengan aktivitas tiba-tiba padat, atau peningkatan aktivitas.

Olahraga bersepeda adalah salah satu cara untuk melatih tubuh Anda dengan cara yang menyenangkan sehingga tubuh Anda aktif. Bersepeda juga bisa dilakukan oleh orang-orang dari segala usia. Serta alasan utama adalah sangat baik untuk kesehatan jantung, pembuluh darah dan paru-paru. Dengan bersepeda secara teratur akan mengurangi risiko masalah kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung dan lain-lain.

Itulah Tips agar Jantung Sehat dengan 5 Jenis Olahraga yang harus kita lakukan jika Anda ingin mendapatkan jantung yang sehat. Namun, ingat bahwa Anda tidak harus berolahraga secara berlebihan, karena juga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan jantung Anda. Dengan melakukan latihan di atas secara teratur akan melindungi kita dari berbagai masalah jantung dan penyakit. Jadi, harap ingat bahwa Anda harus tidak berlebihan untuk melakukan aktivitas fisik dan berolahraga secara teratur untuk kesehatan jantung.

copas dari http://kesehataninfo.xyz

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s